Jumat, 05 Juni 2015

Bertanam tanpa tanah


Bertanam tanpa tanah? emang bisa? tentu saja bisa. Kita bisa menanam sayuran daun maupun sayuran buah tanpa tanah. Ya tanpa media tanah, tentu saja ada media penggantinya. Misalnya dengan sekam bakar, cocopeat (bubuk sabut kelapa), rockwool, air dan lainnya selain dari tanah. Biasanya orang menyebutnya dengan teknik Hidroponik.
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanamanKebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. 
 Hidroponik (Inggris: hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan airdan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless.
-sumber: wikipedia.

Jadi bagus juga teknik budidaya tanaman tanpa tanah ini, karena saat ini makin banyaknya perumahan-perumahan yang hanya mempunyai lahan tanah sempit, bahkan tidak ada tanah sama sekali. Saya sendiri sudah mulai mencobanya, walau awalnya sering gagal namun berkat ketekunan dan mau terus belajar akhirnya berhasil juga menanam dengan teknik ini.

Alhamdulillah,

#mariberhidroponik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar