Rabu, 17 Juni 2015

Munggah atau marema

Alhamdulillah hari ini adalah satu hari menjelang puasa Ramadhan, biasanya orang-orang di kampung saya memanggilnya hari 'munggah' atau ada juga yang bilang 'marema' yaitu biasanya hari ini orang-orang memasak makanan yang enak-enak, gule daging, opor ayam atau lainnya, karena besok kan tidak bisa lagi makan-makan di siang hari, ya gak?

Kebetulan keputusan pemerintah dan lembaga islam lainnya sepakat bahwasa puasa awal Ramadhan tahun 2015, mulai hari Kamis, 18 Juni 2015. Ya besok mulai berpuasa. Jadi hari munggahnya juga sama. Biasanya hari munggah ini kalau sorenya antar-antaran masakan ke tetangga-tetangga terdekat, dan kita juga dapat antaran dari tetangga lainnya. Ya tradisi tukar-tukaran masakan. Tradisi ini biasanya di lakukan orang tua dulu, mungkin akan tercipta rasa kebersamaan. 

Saya senang dengan adanya  tradisi seperti ini, walaupun kadang orang-orang yang kurang mampu memaksakan membeli daging, seharusnya tidak perlu sampai memaksakan seperti itu. Saya sendiri jika tidak ada uang buat beli daging, ya sudah opor ayam beberapa potong aja. Yang penting kan ada dan tidak perlu memaksakan.

Mudah-mudahan di bulan Suci Ramadhan tahun ini, saya bisa menuntaskan ibadah puasa sebulan penuh tanpa ada halangan. Mohon maaf lahir dan bathin...

#PuasaBulanRamadhan2015 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar